Pimpin Rapat TPID, Endang Imbau Waspada Inflasi Jelang Nataru

29 November 2021

Prokompim Tanjungpinang - Wakil Walikota
Tanjungpinang, Endang Abdullah, S.Kp, M.Si memimpin rapat Koordinasi Rutin Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terkait Inflasi Kota Tanjungpinang Bulan Oktober, bertempat di Ruang Rapat Engku Putri Raja Hamidah, Kantor Waikota, Senin (29/11).

Dalam pemaparan inflasi bulan Oktober, Kota Tanjungpinang mengalami inflasi sebesar 0,16% (mtm), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Inflasi utamanya didorong peningkatan komponen harga cabai merah, minyak goreng, dan daging ayam ras disebabkan oleh keterbatasan pasokan dari sentra produsen, peningkatan harga Crude Palm Oil (CPO), dan kenaikan harga pakan.

Menanggapi hal tersebut, Endang mengatakan inflasi berpotensi melewati batas atas apabila tidak dikendalikan dengan baik. "Inflasi Kota Tanjungpinang pada bulan November diperkirakan meningkat dari bulan sebelumnya jika tidak dikendalikan dengan baik, untuk itu diperlukan koordinasi dan sinergi Tim Pengendalian Inflasi Daerah”, ucap Endang.

Selain itu dikatakannya, potensi resiko tekanan inflasi perlu diwaspadai jelang Natal dan Tahun baru. "Seiring penurunan level PPKM berpotensi mendorong konsumsi masyarakat dan permintaan jasa angkutan udara pada akhir tahun. Perlu diwaspdai peningkatan mobilitas masyarakat, peningkatan curah hujan, dan gelombang laut yang berpotensi memicu penurunan pasokan ikan, juga tren kenaikan harga CPO dan pakan ayam”, tutur Endang.

Kemudian ditambahkannya, kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang agar memantau ketersediaan stok dan harga harian secara intensif terhadap barang dan kebutuhan pokok. "Pastikan ketersediaan stok dan lakukan koordinasi dengan distributor serta operasi pasar jika diperlukan, juga terus memantau agar para pelaku usaha tidak menaikan harga secara tidak wajar menjelang Natal dan Tahun Baru", tutup Endang.

Hadir langsung dalam rapat tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Samsudi, S.Sos, MH, Kepala Bagian Perekonomian, Hermawan, SE. M.Si, Kepala BPS Kota Tanjungpinang, Drs. Mangamputua, Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Kota Tanjungpinang, Mardayani, serta peserta secara virtual Perwakilan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Perwakilan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Perwakilan B.I, Perwakilan Satreskrim Polres Tanjungpinang, Akademisi UMRAH, Kepala Bulog, BMKG, Balai Karantina Pertanian, Balai Karantina Perikanan, PT. Pelindo dan Bea Cukai.

Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Setdako Tanjungpinang 

SHARE :
TAGS :

Tentang Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Tanjungpinang

Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Tanjungpinang
Jl. Daeng Marewa No 1 - Senggarang, Kota Tanjungpinang
Email : humpro.tpi@gmail.com
Instagram : humpro.tjpinang
Youtube : Humpro Tanjungpinang

Lokasi Kami