Buka Kegiatan Pameran Temporer, Endang: Lestarikan Nilai-Nilai Sejarah Lokal Kota Tanjungpinang

24 November 2021

Prokompim Tanjungpinang - Museum daerah Kota Tanjungpinang, Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah merupakan wadah penyampaian informasi terkait koleksi yang menceritakan sejarah, budaya dan tradisi perjuangan bangsa di masa lalu hingga sekarang di Kota Tanjungpinang. Untuk memelihara, melestarikan dan mempublikasikan nilai-nilai perjuangan, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemerintah Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan pihak Museum, TNI dan Polri melaksanakan Kegiatan Pameran Temporer yang dilaksanakan mulai tanggal 24 - 29 November 2021. Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Endang Abdullah S.Kp, M.Si bertempat di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Rabu (24/10).

Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut yaitu Perjuangan Bangsaku Dulu dan Kini. Dalam sambutannya, Endang mengapresiasikan kegiatan yang dilaksanakan tersebut. Ia mengatakan kegiatan Pameran yang dilaksanakan dapat memberikan kontribusi mempromosikan keberadaan museum daerah Kota Tanjungpinang. "Sesuai dengan fungsi museum, yang mana salah satunya adalah agar kebudayaan serta sejarah daerah dan bangsa kita dapat terus dikenali sebagai pembangkit rasa takwa dan syukur kita kepada Allah swt Tuhan Yang Maha Esa. Nilai-nilai budaya dan sejarah ini telah kita cerminkan dalam keberadaan museum tercinta kita ini", ungkapnya.

Seraya mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan ini, Endang juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Museum bersama TNI dan Polri di wilayah Kota Tanjungpinang dengan harapan tentunya bisa memberikan informasi tidak hanya dari cerita sejarahnya saja namun juga memberikan informasi tentang alutsista yang kita miliki. "Sebagai masyarakat yang berbudaya dan beradab, sangat penting memahami, mengembangkan sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan Kota Tanjungpinang karena sudah menjadi tugas kita semua untuk selalu memastikan kelestarian nilai-nilai perjuangan sejarah lokal di Kota kita tercinta ini, tuturnya.

Di akhir sambutannya, Endang mengimbau kepada masyarakat Kota Tanjungpinang untuk dapat menjadikan museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah Kota Tanjungpinang ini sebagai media rekreasi untuk mempelajari serta memahami sejarah perjuangan Kota Tanjungpinang. "Kenali jati diri kita sebagai masyarakat Kota Tanjungpinang melalui Kegiatan Pameran Temporer ini agar dapat memicu dan memacu semangat kita untuk memperkuat karakter bangsa melalui pengenalan perjuangan sejarah Kota Tanjungpinang tempo dulu dan sekarang. Mudah-mudahan kegiatan ini akan menjadikan sebuah moment yang positif untuk saling meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan di antara kita", harapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dr. Meitya Yulianty, S.S, MT mengatakan, 9 peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pameran Temporer ini diantaranya dari Satuan Lantamal IV, Satuan Korem 033, Satuan Lanud, Satuan Kodim, Satuan Wing Udara, Satuan Lanudal, Satuan Yon Marinir, Satuan Polres Tanjungpinang dan Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah.

Ditambahkan Meitya, maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan Pemeran Temporer melalui UPTD Museum Sultan Badrul Alamsyah bersama satuan TNI dan Polri ini dapat memaksimalkan fungsi dan perannya masing-masing. "Kegiatan ini bertujuan dapat memelihara, melestarikan dan mempublikasikan nilai-nilai sejarah Kota Tanjungpinang beserta alutsista yang kita miliki, memberikan motivasi kepada masyarakat Kota Tanjungpinang khususnya generasi muda agal lebih mengenal dan mencintai sejarah perjuangan Kota Tanjungpinang dan dapat menunjang Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang beserta satuan TNI dan Polri dalam membina dan melestarikan nilai-nilai perjuangan sejarah lokal Kota Tanjungpinang", jelasnya.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut, Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, SH, S.I.K, Danyon Marinir Letkol Marinir Kemal Mahdar S.H M.tr. opsla , Danlanudal Letkol laut (p) rivai A. Md p.i S. H M. H, Danlanud A. Donie P, S.E., M.Han, Perwakilan Danlamal Kolonel Laut (T) Basuki Tri Usodo, Perwakilan Danrem 033 Kasi Pers Kolonel Caj David Robal Purba, Perwakilan Dandim 0315 Pasi Pers Kapten Caj (K) Rina Herlina, Perwakilan Danwing Udara Mayor Laut Pelauy Iwan Purwanto, Kepala Kantor Kementrian Agama, Kepala Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Nurhayati, S.Sos, M.Si, Ketua LAM Kota Tanjungpinang H. Wan Raffiwar.

Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Setdako Tanjungpinang 

SHARE :
TAGS :

Tentang Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Tanjungpinang

Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Tanjungpinang
Jl. Daeng Marewa No 1 - Senggarang, Kota Tanjungpinang
Email : humpro.tpi@gmail.com
Instagram : humpro.tjpinang
Youtube : Humpro Tanjungpinang

Lokasi Kami